Apa itu Hukum Pertambangan?

Secara sederhana Hukum Pertambangan adalah serangkaian ketentuan hukum positif yang mengatur segala sesuatu yang menyangkut tentang pertambangan, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses pelaksanaan kegiatan usahanya.

Kita akan mempelajari hukum yang berlaku saat ini yang mengatur segala sesuatunya tentang Pertambangan.  Namun demikian, ketentuan Pertambangan yang lama tetap dipelajari sebagai bahan sejarah perkembangan Hukum Pertambangan di Indonesia. Sehingga kita dapat membandingkan ketentuan-ketentuan yang pernah berlaku.

Sumber Hukum Pertambangan

Materil

Sumber Hukum Pertambangan dalam arti materil adalah sumber hukum yang menentukan isi hukum itu sendiri dan itu tergantung dari sudut pandang mana dilakukan peninjauannya, apakah dari sudut pandang ekonomi, sejarah, sosiologis, filsafat, dan sebagainya. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan-kebutuhan  terhadap tambang dalam suatu masyarakat  itulah yg menimbulkan isi Hukum Pertambangan.

Formil

Sedangkan sumber hukum formil adalah ditemukannya ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, baik yang tertulis maupun tidak di masyarakat yang berkaitan dengan Pertambangan.

Leave a comment

Filed under Batubara, Mineral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s