Apakah Permen No. 7 Tahun 2012 berlaku untuk Batubara?

Pada 6 Februari 2012 lalu Menteri ESDM menetapkan Peraturan Menteri(Permen) No. 7 Tahun 2012 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral.  Dimana salah satu pasalnya yakni Pasal 21 berbunyi sebagai berikut :

“Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Pemegang IUP Operasi Produksi dan IPR yang diterbitkan sebelum berlakunya Permen ini dilarang untuk menjual bijih (raw material atau ore) mineral ke luar negeri dalam jangka waktu paling lambat 3(tiga bulan) sejak berlakunya Permen ini.”

Apakah aturan di atas berlaku untuk pertambangan batubara?

Definisi Mineral

Dalam Permen ESDM No. 7/12 ini , UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dan PP No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara definisi mineral adalah :

“senyawa anorganik yang terbentuk di alam, yang memiliki sifat fisik dan kimia tertentu serta susunan kristal teratur atau gabungannya yang membentuk batuan, baik dalam bentuk lepas atau padu.”

Adapun definisi batubara tidak diatur dalam Permen ESDM No. 7 tahun 2012 namun bila  dibandingkan dengan definisi batubara yang ada dalam Pasal 1butir 3 UU No. 4 Tahun 2009 batubara adalah :

“Endapan senyawa organik karbonan yang terbentuk secara alamiah dari sisa tumbuh-tumbuhan.”

Dari definisi di atas artinya Permen ESDM No. 7 Tahun 2012 ini tidak berlaku untuk pertambangan batubara dan bila kita baca UU No. 4 Tahun 2009 berjudul tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dan isinya secara spesifik diatur mana yang mineral dan mana yang batubara sehingga berbeda.

(13 Maret 2012)

Leave a comment

Filed under Batubara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s